11 Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, UNS Memimpin

STAI Nurul Hidayah Apakah kalian semua berminat untuk kuliah di jurusan teknik sipil dalam waktu dekat ini? Pemeringkatan dari Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024 saat ini dapat menjadi referensi buat kalian. 

Lembaga SIR merupakan tim penilai akademik dan institusi riset berdasarkan indikator indikator kinerja, hasil inovasi, dan dampaknya pada masyarakat menurut perhitungan di website. Setiap faktor mempunyai porsi bobot sendiri sendiri yaitu riset sebesar 50 persen, inovasi 30 persen, dan ada dampak untuk masyarakat sebesar 20 persen.

Inilah 11 Kampus Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Dirangkum dari beberapa sumber dan dari laman resmi Scimago IR, dibawah ini adalah kampus perguruan tinggi dengan jurusan teknik sipil dan struktur terbaik di indonesia Versi SIR 2024 ini yaitu : 

  • Universitas Sebelas Maret Peringkat Global 584.
  • Universitas Udayana Peringkat Global 790.
  • Universitas Gadjah Mada Peringkat Global 959.
  • Universitas Indonesia Peringkat Global 980.
  • Institut Teknologi Bandung Peringkat Global 1.084.
  • Universitas Diponegoro Peringkat Global 1.141.
  • Universitas Brawijaya Peringkat Global 1.144.
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Global 1.312.
  • Universitas Hasanuddin Peringkat Global 1.528.
  • Universitas Sumatera Utara Peringkat Global 1.579.
  • Universitas Katolik Parahyangan Peringkat Global 1.660.

Teknik Sipil UNS mempunyai akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BAN PT dan akreditasi internasional ASEAN University Network for Quality Assurance, seperti yang saya rangkum dari halaman resminya. Mahasiswa prodi ini dipersiapkan untuk dapat menguasai ilmu pada bidang teknik dan teknologi infrastruktur sipil, dan menjamin kehidupannya yang berlanjut di bumi.

Lulusan S1 teknik sipil akan mendapatkan bekal menjadi seorang perencana infrastruktur , desainer struktur sipil dan kontraktor serta pengawas proyek infrastruktur. Di sisi lain, prospek kerja lulusan teknik sipil ini antara lain menjadi operator penjamin fungsi dan fasilitas keberlanjutan infrastruktur ataupun menjadi pengambil kebijakan yang baik dalam pembangunan infrastruktur pada masyarakat.

Teknik Sipil merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain dan perencanaan pembuatan, pengelolaan, dan pemeliharaan berbagai sistem dan fasilitas. Biasanya, hal ini diterapkan untuk mendukung kota, kota kecil dan desa. Oleh karena itu, lulusan teknik sipil dapat menguasai ilmu konstruksi, desain dan kelestarian lingkungan.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa jurusan teknik sipil banyak diminati oleh para calon mahasiswa.Selain itu, lulusan teknik sipil juga dapat diminati di sektor pembangunan.

 

Sekian artikel tentang beberapa kampus teknik sipil terbaik saya buat semoga bermanfaat dan dapat kalian jadikan referensi untuk kamu yang sebentar lagi akan lulus dan menjadi calon mahasiswa yang berminat ingin masuk jurusan teknik sipil pada tahun ini, Terimakasih dan selamat membaca.